Eat Like Shahnaz

Hi, guys! Setelah libur akhir tahun dan menjelang berkegiatan lagi di tahun yang baru, saya selalu memulai tahun dengan diet yang baik. Entah kenapa, jika tahun yang baru dimulai dengan sesuatu yang sehat, biasanya saya akan melewati bulan-bulan ke depan dengan keeping score atas apa yang sudah atau akan saya perbuat untuk menjaga kesehatan saya.

Meskipun saya sering gunakan hashtag andalan saya #eatlikeshahnaz, saya lupa untuk benar-benar memberitahu bagaimana metode #eatlikeshahnaz yang betul-betul saya jalani. So, instead of posting my meals, saya memutuskan untuk menjabarkan beberapa hal yang sudah menjadi pedoman hidup saya dalam menikmati makanan yang menjadi anugerah dari Tuhan.

First, and foremost, saya adalah orang yang sangat gemar makan. Sejak kecil, badan saya selalu sehat, saya tidak pernah mengalami fase tidak doyan makan, bahkan makan adalah kegiatan yang paling saya tunggu di tiap hari. Ketika masuk dunia modeling saya sempat shock karena saya harus benar-benar menjaga penampilan dengan menjaga apa yang saya konsumsi. Tentunya ini tidak mudah untuk saya, tapi setelah melewati banyak metode, akhirnya saya menemukan metode yang paling pas buat saya. Metode yang saya jalani adalah memakan yang tepat, memakan yang sehat, dengan jumlah yang tepat.

Saya tahu semua orang memiliki metabolisme yang berbeda-beda, dan apa yang saya jalani selama ini cocok untuk saya dan tentunya keluarga saya. Semua formulasi ini saya temukan lewat berjuta-juta artikel kesehatan yang sudah saya baca, beberapa ajaran budaya, dan juga yang paling penting adalah mendengar kebutuhan badan kita sendiri. Dengan membiasakan diri memakan yang dibutuhkan oleh tubuh, saya dan suami ternyata berhasil menyalakan "alarm tubuh" yang selalu memberikan kami sinyal, jika kami memakan sesuatu yang tidak sehat. Berikut beberapa hal yang bisa saya bagi untuk anda! enjoy!


1. Kontrol isi Kulkas Anda

Hal pertama yang saya lakukan setelah libur Natal dan Tahun Baru usai adalah membuang segala makanan sisa liburan yang penuh dengan gula dan tepung yang tidak baik untuk tubuh kami. Seluruh pudding, cake, chips, pasta, dan begitu banyak macam makanan berminyak sisa pesta, harus dibersihkan. Ingat! bersihkan kulkas tidak harus dengan membuang, bisa dengan membagikan ke satpam kompleks, atau kirimkan ke teman atau keluarga anda yang ada di sekitar anda. Usahakan untuk jangan pernah membuang makanan, karena bagaimanapun juga masih banyak orang lain yang susah mendapatkan makanan seperti kita. 

Setelah kulkas rumah anda sudah bersih, anda bisa berbelanja sayur dan buah sehat ke pasar atau supermarket terdekat. Mulailah dengan memperhitungkan berapa banyak buah yang dibutuhkan untuk keluarga anda. Perhitungkan juga seberapa cepat buah menjadi busuk, jadi urutkan buah dari yang paling mudah busuk, hingga yang sedikit lebih tahan lama. Selain buah, saya juga selalu membeli yogurt, granola, madu, dan beberapa makanan sehat lainnya untuk dimasukkan ke dalam list belanjaan. Selama anda menjauh dari lorong yang menjual mie instan dan keripik yang penuh dengan MSG, saya pastikan anda akan aman! 

Dengan isi kulkas yang terkontrol, anda akan lebih mudah untuk mencoba hidup sehat! karena jika anda lapar pun, hal pertama yang bisa anda comot adalah jeruk atau pepaya yang penuh dengan vitamin dan rendah kalori.


2. Mulai Hari dengan Buah dan Makan Buah sebagai Appetizer

Hal simple ini memang nampaknya mudah untuk dilakukan, tapi terkadang saya juga tergoda dengan pancakes atau roti tawar dengan mentega yang enak disantap pada pagi hari. 

Setiap hari saya memulai hari dengan memakan buah. Sebelum berkegiatan, sangatlah penting untuk sarapan yang penuh gizi, vitamin dan mineral untuk menjadi "modal" energi anda hari ini. Untuk menjadi booster energi saya, hampir setiap hari saya memakan pisang, apel atau pepaya untuk sarapan pertama saya (ya saya sarapan dua kali sehari, karena saya bangun pukul 3:30 pagi) lalu setelah selesai siaran, saya biasa menyantap buah kedua saya dalam satu hari. Bisa berupa kiwi, jeruk, atau buah naga. 

Suami saya yang pernah memberitahu saya bahwa diet dari orang Yahudi adalah selalu memakan buah, sebelum makan makanan lainnya. Selain baik untuk tubuh, memakan buah juga bisa mengontrol appetite yang kita miliki, sehingga kita cenderung untuk tidak terlalu lapar untuk memakan makanan lainnya yang mungkin lebih mengandung banyak kalori. Jadi sebelum makan siang, saya terbiasa untuk memakan sedikit buah untuk menjadi appetizer sebelum makan siang. 

Dan di malam hari, jika tidak terlalu lapar, saya memilih untuk memakan buah saja sebelum tidur. Biasanya saya menyantap melon atau nanas, dan ini semua saya makan, kurang lebih 2-3 jam sebelum saya tidur. Jadi saya pastikan untuk tidak terlalu kenyang saat terlelap, karena saya cenderung sulit tidur jika saya habis memakan big meal.

3. Jangan Lupa Makan!

Sebagai pekerja di Jakarta, saya paham betul dengan banyaknya kesibukan yang menumpuk. Ketika sedang asyik bekerja, jangankan makan, ke belakang saja seperti tidak terpikir oleh kita. Tapi menunda makan adalah hal terburuk yang bisa kita lakukan kepada tubuh kita. Saya membiasakan diri untuk selalu membawa buah atau cemilan sehat lainnya di dalam tas saya. Jika situasi tidak memungkinkan saya langsung deh melahap buah yang sudah saya bawa. Usahakan untuk selalu ingat waktu, karena kita bersama dengan tubuh kita seumur hidup dan metabolisme tubuh yang baik tercipta karena jadwal makan yang tepat.

4. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Yang satu ini juga terkesan mudah, tapi sulit dilakukan jika kita cenderung tidak menghiraukan apa yang dikatakan oleh tubuh kita. Banyak teman saya yang mengatakan "Saat sadar kenyang ya tiba-tiba kenyang banget." Mungkin inilah yang harus diasah, karena jika setiap hari kita memperhatikan apa yang dibutuhkan tubuh kita dan seberapa banyak makanan yang cukup untuk menjalani kegiatan, kita akan tahu takaran yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh kita masing-masing.


Kurang lebih inilah yang selama ini saya jalani, di artikel lain, saya akan coba menjabarkan beberapa makanan yang saya nikmati dari pagi hingga malam, supaya mudah untuk "dicontek", see you on the next post!

Lamb Live in Paradiso, Amsterdam.
Choose to Choose