Oil, oil and more oil!

Hello everyone! Welcome to my website.. Hari ini saya mau bicara tentang minyak! Sebagai perempuan yang harus menjaga penampilan setiap hari, lambat laun saya khawatir dengan begitu banyak kandungan kimiawi yang terserap oleh kulit, rambut, dan bagian lain tubuh saya. Meskipun sampai detik ini saya mencoba untuk menjaga semua sabun, shampoo, dan lotion dari bahan organik, tapi sebenarnya sulit mencari moisturizer berbahan organik yang cocok untuk kulit wajah saya.

Recently, saya juga baru memahami kalau saya mengalami hyperosmia, kondisi di mana sensitifitas penciuman sangat tinggi. Saya mudah mual jika mencium bau yang terlalu menyengat, baik dari masakan, ataupun minyak wangi yang tidak cocok. Ekstremnya, saya pernah pusing luar biasa karena stuck dalam satu lift bersama dengan seorang tante berbau semerbak bunga di padang. Saya juga sering mengalami pusing tiap memakai lotion atau moisturizer baru.

Setelah pencarian yang panjang dan lebar, saya jatuh cinta pada minyak! yes minyak! bukan untuk menggoreng tapi untuk dipakai disekujur tubuh. Minyak menjaga kulit kita tetap terhidrasi, tanpa menyebabkan iritasi. Meskipun saya berkulit sensitif, tapi beberapa jenis minyak yang saya coba benar-benar memberikan efek yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu, banyak minyak yang juga membuat saya jatuh cinta pada wanginya. Hingga saat ini cukup banyak minyak yang sudah saya coba, dan beberapa akan saya rekomendasikan di sini.

1. Body Oil

Jika mendengar kata "melembapkan kulit" hal pertama yang terpikirkan adalah lotion. Meskipun faktanya body oil jauh lebih melembapkan kulit dibandingkan dengan krim ataupun lotion. Lotion dan krim akan hilang efeknya beberapa jam setelah aplikasi, sedangkan body oil akan menetap dan meresap ke dalam kulit.

Cara memakai body oil yang tepat adalah sesaat setelah mandi, ketika pori-pori kulit sedang terbuka. Keringkan kulit setelah keluar dari shower, setelah benar-benar kering aplikasikan body oil ke bagian yang diinginkan dan diamkan selama 5 menit. Setelah kurang lebih 5 menit, barulah berpakaian. Body oil butuh beberapa saat untuk benar-benar masuk ke dalam kulit, agar tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Mungkin bagi anda yang belum terbiasa, akan merasa sedikit licin, but trust me, your skin will thank you for this!

Manfaat memakai body oil juga bukan cuma untuk kulit, tapi aroma khas dari minyak favorit kita akan membuat emosi terkendali. Terbukti dengan mengaplikasikan body oil setiap hari, tubuh akan menerima rangsangan dari pijatan ringan yang kita rasakan lewat kulit, lewat sentuhan ini aliran darah di dalam tubuh akan lebih lancar. Jadi, memakai body oil juga bisa diartikan sebagai cara kita untuk menyayangi diri sendiri.

Sebagai pecinta minyak, saya tidak hanya berburu body oil untuk manfaatnya saja, tapi juga aroma yang paling membuat saya rileks. Pilihan saya jatuh kepada L'Occitane Fabulous Oil, karena mampu membuat saya tidur nyenyak setiap malam setelah memakainya. Ketika anda bertemu dengan minyak yang benar-benar cocok untuk selera anda, dijamin seperti bertemu jodoh!

2. Hair Oil

Yang satu ini juga menjadi hal yang paling wajib untuk saya aplikasikan sebelum saya tidur. Saya memiliki rambut dengan helaian sangat tipis, dan hal ini diperburuk lagi dengan pekerjaan saya yang membutuhkan hairdryer hampir setiap hari agar siap tampil di layar. Akibatnya setiap pagi rambut saya yang kering ini kusut luar biasa, sampai membentuk simpul-simpul sendiri, yang akhirnya patah jika saya paksa sisir.

Banyak hal yang sudah saya coba sebelum akhirnya berlabuh kepada hair oil, mulai dari leave-on moisturizer, conditioner for dry hair, dan juga puluhan serum lain. Tetapi ketika mencoba hair oil untuk pertama kali, saya langsung madly in love. Tapi yang harus dijadikan catatan adalah seberapa banyak jumlah yang anda perlukan untuk rambut anda. Karena rambut saya pendek, saya hanya membutuhkan beberapa tetes kecil, untuk satu kepala saya. Jika anda tidak hati-hati, rambut akan lepek keesokan harinya karena minyak berlebihan.

Untuk saya yang paling cocok adalah Mythic Oil dari L'oreal Proffesionel. Hanya perlu beberapa tetes saja, dan rambut saya akan tetap bersinar di pagi hari. Hair oil sangat cocok bagi yang suka memakai berbagai produk di rambut. Dengan hair oil, rambut saya jadi seperti ter-restore, tidak kusut, tidak kusam.

3. Face Oil

Perlu beberapa waktu untuk saya benar-benar bisa menggunakan face oil, maklum karena saya cukup skeptis untuk produk yang saya gunakan di kulit wajah saya, jadi sebisa mungkin saya tidak mencoba sesuatu yang baru, dan cari amannya saja. Tapi memang ketika saya melihat perubahan yang terjadi, sulit untuk tidak jatuh cinta pada face oil.

Cara memakai face oil cukup mudah, tapi memang akhirnya menambahkan satu lagi rutinitas di dalam merawat kulit wajah. Sama seperti pada kulit badan dan rambut, face oil digunakan saat wajah dalam keadaan bersih. Setelah benar-benar bersih, gunakanlah toner, serum, kemudian aplikasikan face oil, barulah beberapa langkah penyempurna seperti sunblock, dan lain sebagainya.

Saya biasa menggunakan face oil di pagi dan malam hari, pagi biasanya sebelum mengaplikasikan moisturizer, dan malam sebelum tidur untuk kembali lagi menambah sensasi rileks agar tidur semakin pulas.

Nah kalau untuk face oil pilihan saya, kali ini jatuh kepada Clarins Lotus Face Treatment Oil. Harumnya lembut dan agak sedikit spicy, cocok untuk yang suka wangi hangat. Hanya dengan 2-3 tetes setiap malam untuk wajah dan leher, saya bisa merasakan manfaatnya, bangun pagi kulit jadi terlihat lebih glowing dan tidak ada kulit mati yang menempel di wajah.

4. Nail and Cuticle Oil

Nah kalau yang satu ini nggak pernah boleh keluar dari tas saya! Karena kulit saya cenderung kering, terutama kulit tangan, saya mengalami masalah di ujung kuku. Saya cukup sering cuci tangan karena banyak kegiatan di kantor seperti memegang tab, mengetik di komputer, memencet tombol, dll. Karena seringnya cuci tangan, ujung jari saya jadi sangat kering, dan menyebabkan sering pecah-pecah. Saya selalu menggunakan hand cream tapi itu saja ternyata tidak cukup. Saya jatuh cinta sejak pertama kali menggunakan nail and cuticle oil karena langsung membuat perbaikan dalam beberapa menit saja.

Cara pakainya juga cukup mudah, dengan ujung yang seperti kuas, kita hanya perlu mengoleskan di bagian kuku dan sekitarnya, kemudian didiamkan beberapa saat. Memang sih banyak hal yang akhirnya agak berminyak jika kena sentuh saat sedang menggunakan ini, tapi hasilnya benar-benar sepadan. Saya biasa gunakan sebelum tidur (memang rutinitas saya agak heboh sebelum tidur) dan di pagi hari biasanya sudah tidak ada lagi pecah-pecah di ujung jari jemari.

Banyak merk lain, tapi yang saya gunakan hingga sekarang adalah L'Occitane Nail and Cuticle Nourishing Oil. Yes, I'm in love with Shea Oil! sejak pertama kali saya gunakan, langsung nggak pernah lagi mau ninggalin.

Semoga artikel ini mencerahkan bagi banyak perempuan yang ingin kulit yang lebih kenyal, karena saya pribadi nggak pernah mau meninggalkan minyak-minyak ini sampai kapanpun hahaha! Selamat mencoba!

Celebrating International Women's Day 2018
Sometimes I talk about Love pt. 4